Minggu, 05 Juni 2016

PEMBEKALAN



PEMBEKALAN I KULIAH KERJA NYATA (KKN) TEMATIK KEPENDUDUKAN

Halloooo guys, ini adalah blog kami KKN Kelompok 13 UMY tahun 2016 yang bekerjasama dengan BKKBN, mohon kedepannya banyak masukan dari pembaca yaa. Blog ini akan berisi tentang kegiatan kami selama KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Dukuh Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Sebenernya ya, ini adalah KKN yang diselenggarakan atas kerja sama 3 Universtias yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan mengusung tema “Tematik Kependudukan” dan di terjunkan pada tanggal 18 April 2016. Sebelumnya, kami akan terlebih dahulu diberikan pembekalan-pembekalan dari kampus kami terkait dengan kegiatan KKN ini. Disini admin akan bercerita sedikit hal tentang pembekalan pertama yang dilaksanakan di Auditorium Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta pada hari Sabtu, 19 Maret 2016. Yuk intip benar kegiatan kita kemaren yaa……
Karena kita mendapat tempat duduk dibagian tengah, jadi agak bagus ya gambarnya (sambil duduk sih) hahaha…

Pada hari Sabtu, 19 Maret 2016 bertempat di Auditorium Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta,  Perwakilan BKKBN DIY bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta melaksanakan pembekalan KKN Tematik Kependudukan. Pembekalan ini dimaksudkan untuk memberi  wawasan kepada para mahasiswa sebelum terjun di masyarakat agar mereka memiliki gambaran bagaimana KKN tersebut dilakukan.
Sumber : http://yogya.bkkbn.go.id

Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan BKKBN DIY dan bertindak sebagai narasumber adalah Deputy Pengendalian Penduduk BKKBN RI, DR. Wendy Hartanto, MPA, Kepala Bidang Adokasi-Penggerakan dan Informasi serta Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN DIY. Dalam arahannya  Kepala Perwakilan BKKBN DIY menyampaikan bahwa tujuan KKN Tematik Kependudukan ini adalah  meningkatkan wawasan masyarakat terhadap isu-isu strategis kependudukan yang terjadi di Indonesia baik di masa sekarang maupun yang akan datang, yaitu tentang Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk, Penduduk Usia Remaja, Penduduk Usia Produktif, Penduduk Lanjut Usia, Urbanisasi dan Perkembangan Perkotaan. Tujuan selanjutnya adalah untuk meningkatkan Pengetahuan, sikap, dan Perilaku (PSP) keluarga dan masyarakat dalam pembangunan berwawasan kependudukan.


Sedangkan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menyatu dengan masyarakat, menerapkan ilmu yang dipelajari dan membandingkan proses implementasinya dengan teori.
Pendidikan kependudukan menjadi salah satu strategi utama pengelolaan kependudukan yang dikembangkan oleh BKKBN. KKN  Tematik Kependudukan 2016 diikuti 420 mahasiswa dari berbagai Fakultas dari ketiga PT tersebut.  Mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik Kependudukan kerjasama dengan Perwakilan BKKBN DIY ditempatkan di berbagai wilayah DIY yang merupakan wilayah binaan bersama antara PT terkait dan Perwakilan BKKBN DIY.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar