Minggu, 05 Juni 2016

Penerjunan



PENERJUNAN KELOMPOK KULIAH KERJA NYATA (KKN) 13 UMY

Yapp.. 

Penerjunan?

Adalah hal yang kita nanti setelah proses yang cukup panjang dari pembekalan, observasi dan yang lain terhitung sejak bulan Maret 2016.
Kami diterjunkan pada hari Senin, 25 April 2015, bersama 4 kelompok lain kami diterjunkan di desa Gilangharjo, Pandak, Bantul.


(Maskot kita cantik ngetsss yah.. hahaha)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk perkuliahan yang dilaksanakan dengan terjun langsung ke masyarakat. Masyarakat sasaran KKN dapat berupa masyarakat pedesaan, masyarakat perkotaan, sekolah, masyarakat industri, atau kelompok masyarakat yang dipandang layak menjadi sasaran KKN. Perguruan Tinggi bersinergi dengan masyarakat melalui KKN, salah satunya dengan program KKN Tematik UMY yang bekerjasama dengan BKKBN.

(Bapak Imam Mahdi selaku Dosen Pembimbing Lapangan saat memberikan sambutan pada penerjunan)




(kakak-kakak kece yang seperti tanpa dosa berselfie ria saat diberikan arahan untuk kedepannya.. hmmm)

Kemudian setelah dari Balai Desa dan tiba di rumah Bapak (Kepala dusun), hal yang pertama kita lakukan adalah tidur (yakaleeee), maksudnya kita akan silahturahmi dari RT ke RT tetapi hanya rumah Bapak Ketua RT. RT di dukuh Depok ini terdiri dari 5 RT yang letaknya saling berjauhan, jalan yang naik-turun serta ada beberapa jalan yang terjal mengharuskan kita harus selalu berhati-hati dan waspada.



Mas Teo memaparkan kepada setiap ketua RT rencana program/kegiatan yang akan kita jalankan selama 1 bulan di dukuh Depok. Alhamdulillah kita selalu disambut hangat oleh seluruh Ketua RT begitupun warganya, membuat kita merasa nyaman dan betah tinggal disini “walaupun jauh dari perkotaan”.



Sebenarnya banyak hal yang masih kita bingungkan pada saat penerjunan, apakah program yang telah kita buat benar-benar sesuai dengan keadaan di dukuh atau tidak. Tetapi, dikarenakan tema kita telah ditentukan dan semua program pokok harus sesuai dengan arahan pihak BKKBN, kita sebagai mahasiswa hanya bisa melaksanakan dan menjalankannya dengan penuh tanggungjawab. (Ecieh serius amat ya adminnya)


Pada saat setelah penerjunan, kami sebagai “tamu” langsung ikut dalam kegiatan organisasi di dukuh Depok, entah pertemuan rutin ketua RT dan tokoh masyarakat hingga pertemuan rutin karang taruna guna menyampaikan kembali program/kegiatan yang akan kita laksanakan.


Semoga program yang kelompok KKN 13 lakukan ini membawa berkah untuk kedepannya. AMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar